Welcome!


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Tuesday, August 24, 2010

'Kegelapan' itu...part 1

"Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu" 
(Mazmur 34: 20)


Apakah anda menjadi orang Kristen dengan tujuan ingin mengubah keadaan dari miskin menjadi kaya? Apakah anda berpikir bahwa dengan menjadi Kristen hidup menjadi lebih mudah? Kalau sakit bisa menjadi sembuh dengan embel-embel "khan, Tuhan Yesus adalah tabib di atas segala tabib". Apakah kalau anda tidak punya jodoh, tinggal datang saja ke gereja, dengan fokus cari jodoh?
Kalau anda menjawab ya dan memang itu yang menjadi fokus anda dalam menjadi seorang Kristen, lebih baiklah anda meninggalkan identitas Kristen anda.
Alkitab berkata melalui ayat di atas bahwa kemalangan orang benar itu banyak!!!! Alkitab tidak pernah mengajarkan teologi kemakmuran!!! Bahkan Yesus sendiri pernah berkata bahwa untuk mengikut Dia, kita harus menyangkal diri dan pikul salib (Matius 16:24)...tidak cukup itu, kalau kita mau disebut murid Kristus,kita harus 'membenci' bapak, ibu, saudara, bahkan diri kita sendiri (Lukas 14: 26), maksudnya adalah kita tidak boleh mengasihi mereka melebihi kasih kita kepada Tuhan Yesus. Dia yang harus berada di tempat pertama di hati,setiap tingkah laku dan pikiran kita.

Saya pun pernah memiliki tujuan dan fokus yang salah dalam mengikut Tuhan Yesus dengan identitas sebagai Kristen,berulang kali saya disembuhkan, saya diberkati dan itu membuat saya berpikir betapa 'untung'nya saya ikut Tuhan Yesus. Sampai akhirnya Tuhan menyadarkan saya dan mengubah pandangan saya dalam mengikut Dia. Dia mengubah tujuan hidup saya bahkan karakter2 saya.

Ijinkan saya membagi kisah saya...

Setiap bulan Desember, saya memiliki kebiasaan untuk berdoa dan bersyukur atas apa yang telah terjadi tahun tersebut dan berdoa untuk rencana2 yang telah dibuat untuk tahun berikutnya.
Awal Desember 2009, seperti biasa saya berdoa dan bersyukur karena di tahun 2009, Tuhan memberi saya banyak anugrah dan kesempatan , salah satunya mengikuti Gita Bahana Nusantara (baca kisahnya disini dan disini) dan masih banyak hal yang saya harap bisa saya sharekan di kemudian hari.
Nah, setelah itu dengan nada santai saya bertanya kepada Tuhan "Tuhan, kira-kira tahun 2010, ada apa lagi ya Tuhan?". Tidak dinyana, saat itulah saya mendengar sebuah suara yang berkata "Tahun 2010 itu gelap, akan banyak ujian, tapi jangan takut! Aku memegang tangan kananmu." Spontan saya langsung buka mata, saya celingak celinguk mencari asal suara. Jelas tidak ada orang, karena saya berada di kamar sendiri. Saya 'ditinggalkan' suara itu sendirian, dengan kebingungan akan maksud dari perkataanNya. Apa yang dimaksud dengan tahun 2010 itu gelap? Banyak ujian? Ujian apa?

(Pada akhirnya, saya mengetahui itu adalah suara Tuhan. Alkitab berkata untuk "menguji segala sesuatu"[1 Tesalonika 5: 21]. Nah, ada 3 suara dalam dunia ini: suara diri kita, suara iblis dan suara Tuhan. Kalau itu suara saya, tidak mungkin, masa saya ingin tahun besok gelap? Kalau suara iblis, jelas tidak mungkin, karena suara itu mengatakan untuk 'jangan takut!'. Dalam kamus iblis, iblis bisanya hanya menjatuhkan, membunuh, menakut-nakuti,dll. Jadi, saya percaya bahwa itu adalah suara Tuhan yang memberi tahukan mengenai tahun esok. Jujur saja, saya agak lamban dalam mengenali suara dan menyadari maksud suara itu, karena ini adalah pengalaman pertama saya dalam mendengar suara Tuhan secara langsung dan audible.)

Akhirnya saya baru 'ngeh' maksudnya Tuhan tepat awal tahun 2010!!!

Tanggal 1 Januari 2010, saya harus dirawat di RS.Bethesda, Yogyakarta karena ada kista di perut saya.

Sebelumnya saya tidak pernah merasa suatu kesakitan di perut saya, mengingat saya pernah mengidap kista (baca kisahnya disini), saya tau sakitnya. Namun kali ini, saya ngga sadar adanya keanehan dalam perut saya. Malahan, sebelum2nya teman2 saya dan keluarga saya melihat bahwa perut saya semakin besar. Tiap bulan, dilihat koq makin besar aza. Mereka bahkan berpikir kalau saya hamil. HAMIL?? Tidak mungkin saya melakukan 'hal' itu, apalagi saya ngga punya pacar (ini bukan berarti saya sedang membuka lowongan lho ya,,hehe). Tapi sungguh pembaca, beberapa teman di kampus menggosipkan bahwa saya hamil. Orangtua saya mengatakan bahwa saya harus periksa ke dokter, namun saya menolak. Setelah sakit berulang kali, saya memang agak sensi sama dokter. Gag lagi..lagi..aq ke dokter, pikir saya saat itu. Saya sendiri berpikir kalau besarnya perut saya karena saya 'ndut', jadi saya berdiet dengan segala cara. Sampai akhirnya, saya mencoba cara akupuntur. Tapi ahli akupuntur tersebut menolak dengan alasan ada suatu keanehan di perut saya. Karena penasaran, tanggal 31 Desember 2009, saya pergi ke salah satu dokter di Magelang, kenalan kakak saya. Itu saja, dengan paksaan secara tidak langsung, karena kakak saya tau2 sudah bikin appointment dengan dokter,temannya itu. Setelah diperiksa, akhirnya diketahui bahwa di perut saya terdapat kista sepanjang 20cm (pada saat itu) sehingga sudah mendesak daerah paru2 alias dada.
Saya shock tapi entah kenapa saat itu saya merasa ada kekuatan tidak terlihat yang membuat saya tegar mendengar kata dokter.

Akhirnya, tanggal 010110 saya mulai opname. Dokter tidak mau segera meng-operasi saya. Beliau meminta beberapa hari untuk diadakan pemeriksaan. 5 hari pemeriksaan, akhirnya saya merasakan 'kegelapan' itu. Dokter berkata bahwa
1. Kista ovarium saya sudah berukuran p: 23cm, l: 17cm, tebal: 15,2 cm. Yang artinya sudah sangat besar!!
2. Kista itu sudah mendesak semua organ tubuh saya, hati, paru2,dll. Yang paling parah adalah ginjal sebelah kanan. Beliau berkata bahwa ginjal kanan saya diperkirakan rusak dan harus di ambil.
3. Kista itu berakar dari ovarium saya dan sudah menekan ovarium saya, diperkirakan selama 1 tahun!! Sehingga, dokter berkata, kemungkinan besar ke2 ovarium saya sudah rusak dan harus diambil. Yang artinya saya akan mandul!!!
4. Hemoglobin saya berada di bawah normal untuk melakukan operasi besar itu, sehingga saya membutuhkan donor darah sebanyak 2 pouches!!

Keluarga saya sangat shock mendengar 'penemuan-penemuan' dokter. Namun, saya tegar saat mendengar semua itu dan saya sadar bahwa ketegaran itu datangnya hanya dari Tuhan saja. Dia yang berjanji untuk memegang tangan kananku.

Malam hari sebelum dioperasi, keluarga, tetangga, dan teman2 berusaha mencarikan donor darah bagi saya. Mereka datang dari Magelang ke Yogyakarta (1-2jam perjalanan) dan menunggu pemeriksaan fisik sampai pengambilan darah sampai jam 1 malam. Blessed their hearts!!!

Akhirnya tanggal 6 Januari 2010, saya masuk ke ruang operasi. Kurang lebih 2,5 jam, operasi berlangsung. Sungguh di luar perkiraan dokter. Mujizat Tuhan dinyatakan!! Dokter bercerita mengenai 2,5 jam operasi itu setelah saya sadar.
1. Kista saya sungguh sangat besar. Meskipun perut saya sudah di buka (maafkan bahasa saya yang cukup vulgar ini), mereka tidak sanggup mengeluarkan kista itu. Akhirnya, dokter menyedot cairan dalam kista hingga 5 liter!! Baru kistanya bisa di ambil dan beratnya sebesar 2,5 kg. Total kista di perut saya sekitar 7kg!!
kista saat diambil (*maaf bagi yang risi dengan gambar ini)
2. Ginjal kanan yang diperkirakan dokter sudah rusak, ternyata tidak!! Memang ginjal itu bengkak namun tidak rusak dan bisa pulih dalam 3 bulan.
3. Ovarium yang harus di ambil dua-duanya karena rusak parah. Ternyata hanya ovarium kanan yang parah, sehingga yang kiri dapat dipertahankan.
4. 2 pouches darah yang sudah disiapkan untuk saya, BATAL ditransfusikan!! Saya percaya darah Yesus.lah yang telah tercurah bagi saya sehingga saya tidak membutuhkan darah lain.

Selama 9 hari saya opname. Pada tanggal 10 Januari 2010 saya diperbolehkan pulang.

Namun, 'kegelapan' dan 'ujian' itu tidak berhenti sampai di situ saja.....

(TO BE CONTINUED)


Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment