Welcome!


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Friday, July 2, 2010

' Baca blog ku yach ^_^ '

Masih mengenai blog memblog :) ...
Saya melihat suatu fenomena yang sering bahkan selalu terjadi

Sejak saya mulai aktif dalam dunia blogging, teman2 saya pun selalu bilang ''Buka blog-ku dong,Deb''
Gag hanya teman2 saya, bahkan saya pun juga selalu bilang
"Eh, buka blogku ya" bahkan kadang di status2 FB n Twitter saya, saya tulis tentang blog saya untuk menimbulkan rasa ingin tahu pada teman2 saya, yang pasti ujung2nya akan membuka blog saya :)


Sepertinya hal itu normal2 saja ya...
Tapi entah kenapa saya melihat ada suatu kebutuhan di balik tingkah laku teman2 dan saya sendiri itu


Kebutuhan untuk Dihargai 


Well, apakah anda sedang mengerutkan kening saat ini?? hehehe
Kalo begitu lanjut dulu ya bacanya

Manusia memiliki kebutuhan-kebutuhan dalam hidup ini
Saking banyaknya Abraham Maslow, seorang psikolog dari negeri Paman Sam, membuat suatu teori tingkatan kebutuhan manusia ( bertingkat2 saking banyaknya :) )
5 Tingkatan kebutuhan manusia itu adalah:


  1. Kebutuhan fisiologis/dasar
  2. Kebutuhan akan rasa aman dan tentram
  3. Kebutuhan untuk dicintai dan disayangi
  4. Kebutuhan untuk dihargai
  5. Kebutuhan untuk aktualisasi diri

Nah, kembali kepada keinginan teman2 dan saya untuk dibaca blognya

Saat kita melakukan sesuatu secara tidak langsung kita butuh suatu penghargaan
Percaya atau tidak

Saat kita menyanyi atau bermain musik, kita butuh penghargaan dengan cara dilihat dan didengar atau bahkan dipuji dan diberi applause (kalau perlu standing applause plus sms yang banyak kayak di Indonesian Idol,hehe)
Saat kita bercerita atau mengajar, kita butuh penghargaan dengan cara diperhatikan dan didengar
Nah, saat kita menulis artikel, entah di blog, entah di majalah, entah di koran, entah di antah berantah sekalipun :p
Tentu saja kita ingin agar tulisan itu dibaca dan diberi komen kalo bisa (secara tidak langsung ini himbauan bagi pembaca blog saya ya,hehe)

Nah, setelah kita tahu bahwa ternyata secara tidak sadar kita butuh suatu 'penghargaan', timbul pertanyaan yang bisa kita jawab dengan mereflesikan perbuatan2 kita selama ini

'Sudahkah kita menghargai diri kita dan orang lain?'

3 comments:

Anonymous said...

Dat's human nature, hahaha.

nahdhi said...

Selain membaca juga jangan lupa ninggal komentar. Salam Teman Blog dari SMA... :)

Anonymous said...

Haha, menohok!!! Betul banget sih, lol.

Post a Comment